Friday, January 23, 2009

Cupid and Psyche

hmm,, kawan, kalian pasti udah tauu kaan Cupid a.k.a Eros siapa? :D itu loohh,, dewa cinta yang selalu digambarkan kayak bayi (anak kecil laah), pipinya gendut dan berpopok (atau tunic? lupa. tunic kan kalo dipake ama anak kecil keliatan kayak popok dimata rani -____-')

yaah, cupid itu, adalah anaknya Venus a.k.a Aphrodite. dewi kecantikan yang sombong dan menyebalkan --yaahh, ini katanya cerita yang rani baca sihh-- begitu dehh.

dan siapa Psyche? Psyche bukan dewa atau dewi. Psyche itu seorang putri raja. Psyche berarti juga jiwa. hahahaaa. bisa aja cerita Cupid dan Psyche ini judulnya "Love has a Soul" (aahh itu mah judul fanfic rann -__-)

naahh, kali ini rani mau ngutip cerita cintanya si Cupid ama Psyche.
------

di zaman kuno yang --yaa ammpuun-- dimana cinta bertebaran dimana-mana, sesama dewa-dewi inses, menikah dan selingkuh (bukan selingkuh jugaa mungkin,, mm.. anggaplah poligami dan poliandri) satu-sama lain, dan nggak habis-habisnya menikah sampai punya banyak anak, hiduplah seorang raja yang punya 3 putri.

putri-putrinya ini cantik-cantiiikk bener dehh. apalagi si bungsu, namanya Psyche. sankingkan cantiknya Psyche inii, orang-orang bilang kalo misalnya dia tuh lebih cocok jadi dewi kecantikan daripada Venus!! O_____o

si Psyche tau diri laah, dan menyanggah tanggapan itu. tapi yang masalah itu Venus. dia keseeeel banget ama si Psyche soalnya dia ngerasa terhina banget si Psyche lebih cantik daripada dia --ngg siihh, mungkin dia cuma sensi aja manusia kayak gitu mentang2 lebih cakep daripada dia mau dijadiin dewi-- yaudah deh, diutusnya lah putranya, Cupid, buat ngebunuh Psyche. berangkatlah Cupid bersenjatakan busur dan panaah.

nah, pas Cupid mau bunuh Psyche waktu Psyche tidur, Cupid yang melihat kecantikan Psyche ini benerbener terpesona dan tanpa sengaja panah cintanya kena dia sendiri. akhirnya dia pergi meninggalkan Psyche tanpa membunuh Psyche kayak yang mamanya suruh. pwhew.

oraaang2 seantero negeri (apa lah. kota? jagad raya? entah lahh. pokoknya banyak orang) trus-menerus menghujani Psyche dengan pujianpujian akan kecantikannya, tapi,, kenapa nggak ada satupunn yang mau ngelamar Psychee?? O_____o tentu saja papa dan mamanya Psyche kesel juga kan ya putri nya yang satu ini belum menikah juga padahal 2 kakak perempuannya yang nggak secantik Psyche aja udah punya suami.

mama dan papanya Psyche pun berkonsultasi sama seorang oracle (semacam konsultan? OwO rani juga nggak kenal dia) dan oracle itu bilang kalo kecantikan Psyche tuh terlalu luar biasa untuk bersama seorang pria jadi si Psyche harus ditinggal ke gunung terdekat. entah apalah hubungan dan maksud dari sarannya oracle itu. tapi,, Zephyr (zephyrus? terserah lah namanya apaan.) alias angin selatan (ato angin barat? lupa) membawa Psyche ketempat semacam istana gaib gitu, dengan pembantu gaib juga, dan didalam kegelapan dia menikah. tentu saja, dengan Cupid. dengan kondisi dimana Psyche sendiri nggak tau siapa yang dia nikahin itu.

tiap tengah malam Cupid datang ke tempat kekasihnya itu. gelap. lampunya nggak boleh diidupin (atau dalam kasus ini, lilin kali yaa??). karena gelaap, psyche jadi ngg bisa ngeliat wajah cupid kan yaa?? tapi Cupid emang sengaja soalnya dia nggak mau Psyche tau dia siapa.

suatu ketika, si Psyche balik ke rumah ortunya, kan ketemu tuh ama kakak kakaknya, kakak nya yang iri sama dia ini menghasut Psyche dan bilang kalo misalnya yang dia nikahin itu naga jelek dan nggak setia sama Psyche (yaahh yang diomongin sama kakaknya itu banyak tapi,, ayo ambil intinya aja deeeh.) Psyche pun terhasut dan berusaha buat melihat si Cupid.

bersenjatakan pisau (buat jagajaga) dan lampu minyak, Psyche mengendap2 pas Cupid lagi tidur dan menyadari, kalo misalnya suaminya itu Cupid,, dewa yang ganteng itu (apa sihh lebayy, intinya gitu laahh) dan nggak sengaja, minyak dari lampu yang dia bawa itu kena Cupid dan Cupid, terbangun, ngeliat Psyche yang bawa pisau kayak psikopat yang mau bunuh dia, freaked out dan langsung pergi meninggalkan Psyche yang --menurut dia-- sudah mengkhianati dia.

singkat cerita, Psyche kesel sama kakaknya dan mencelakakan kakaknya sampai mati, dan berusaha matimatian buat ketemu sama kekasihnya lagi (mau tobat dia)

tapi, untuk bertemu dengan Cupid, dia harus bertemu sama Venus dulu, si biang kerok. dia tanya ke Ceres, Juno, tapi teteep aja mereka bilang kalo harus bilang ama Venus sendiri.

si Venus mana mau laah dengan gampangnya mempertemukan Psyche dengan Cupid itu, jadi dia ngasih tugastugas sulit nan jahat ke Psyche. tapi, berbagai macam tugas itu bisa dilakukan Psyche, tentusaja dengan bantuanbantuan berbagai macam makhluk. Venus yang makin kesel, bilang kalo garagara ngurusin berbagai macam hal, dia jadi kehilangan sedikit kecantikan dia, dan pengen si Psyche ngasih sedikit kecantikan Psyche kedalam kotak buat si Venus. tentu nggak gampang, soalnya dia harus ke dunia orang mati (underworld) dulu buat ngambil sedikit kecantikan dia dan masukinnya ke kotak itu.

Psyche yang penasaran, 'gimana sihh, kecantikan dia?' membuka kotak itu dan bukan kecantikannya yang dia lihat, malah dia tertidur buat selamanya. Cupid yang udah maafin Psyche, menghapus 'tidur' dari Psyche, ngembaliinnya ke kotak dan membiarkan Psyche balik melakukan tugas dia sebelumnya.

Cupid pun mohonmohon sama kakeknya, Jupiter, atau nama keren dan terkenalnya sih Zeus, supaya menyembuhkan (entah menyembuhkan dalam konteks apa) mereka. yaudah deh. disembuhkanlah oleh Jupiter, Psyche jadi immortal, Venus dan Psyche berbaikan entah gimana caranya dan Cupid dan Psyche pun bahagia selamanya. mereka punya anak perempuan, namanya Voluptas, atau disebut juga Hedone =D

-----

itu aja deehh ceritanyaa. mmn... sumber ini rani ambil dari wikipedia, daann sumber referensi rani yang lain adalah buku Mitologi Yunani karya Ny. Sukartini Silitonga penerbit Djambatan cetakan 1977 kalo nggak salah. dan satu lagi, buku itu milik Fika yang rani pinjam :D mm... kalo ada yang salah-salah dari legenda ini, maap banget yaa =D kan versi legende banyak dan macem2.. maaf juga kalo ada kesalahan dalm penulisan nama ato apa kek gitu (misal, rani tlis tadi Eros cucu Zeus kan,, kalo ternyata bukan.. maap yaa)

rani sekedar pengen share cerita :) hahahhaaa. thx buat yang baca yaaa =)

No comments: