Monday, December 1, 2008

buku


rani suka buku cerita. novel rani memang jarang bacaa... karena panjang dan biasanya berorientasi ke romance. harry potter tuh. panjang jadi rani ga baca. tapi kalo berbobot biasanya rani baca juga siih. tapi jarang. karena rani tidak suka sesuatu yang terlihat ribet. 

tapii kalau buku cerita dan novel kan beda ne?? komik juga. komik sih rani sukaaa. 

rani suka buku cerita. apalagi buku cerita anakanak. buku cerita anakanak itu selalu punya amanat yang bagus.  entah jangan berbohong, berbaik hati lah pada orang, memang sederhana, tapi bukannya sekarang ini nilainilai seperti itu sudah tidak ditanamkan lagi ya? itulah. sekarang anak anak kecil bukannya dibacakan buku cerita seperti itu, malah baca komik, novel, padahal yaa, kan merek seharusnya punya dasar dulu supaya bisa besar jadi orang yang baik. kan??

komik dan novel memang bukan bacaan yang buruk, tapi anak SD udah baca komik violence. anak SD udah baca novel romantis. bukannya itu jadi merusak moral?

rani dulu waktu kecil serrriiing sekali membaca. apalagi buku yang besarbesar. karena tulisannya besar dan biasanya bergambar. sukaa deh. ada buku yang tentang binatang, ada yang tentang cerita nabinabi. cerita juga banyaak. rani ingat sekali, dulu rani suka cerita enid blyton dan cerita2 pendek tipis yang pasaraan itu looh, tentang 3 babi kecil, anak yang berteriak serigala, kelelawar. lalu rani baca doraemon jugaa. buku kumpulan cerita teladaan.. pokoknya banyaak!

kadangkadang yaa, rani merasa sudaah besaaaar sekali. sudah bisa macammacam. tapi pada saat yang sama sudah tidak bisa macammacam. kalau di toko buku, rani melihat buku cerita yang menarik, biasanya rani baca disitu juga. cerita gajah yang bermain terompet kalo nggak salah judulnya. rasanya pengen kecil lagi. 

kalo inget jamanjaman sekarang ini.. anakanak malah pengen cepatcepat besar yaa. tapi rani nggak suka cepatcepat besar. cepatcepat belajar. cepatcepat berubah. rani senang looh, kalau rani sudah lebih besar rasanya berbagaimacam hal yang salah rani lakukan waktu kecil sudah bisa rani benarkan. waktu kecil melakukan hal bodoh dan tidak penting, sekarang rani tau yang mana yang penting yang mana yang tidak penting. perspektif rani berubah semakin rani besar.

tapi tetaaap saja. rani mau mengisi masamasa rani sekarang dengan sesuatu yang lebih bermakna. lebih bernilai. supaya nanti rani besar tidak menyesal. bukan belajar maksud rani. tapi akhlak juga. orang orang juga. alam juga. rani banyaaak sekali yang tidak tahu. semakin rani mencari tau semakin rani nyasar. dunia luas sekali. rani jadi malu sendiri deh. padahal kadang ada rasa sombong lebih tau banyak daripada orang lain tapi memang Allah itu Maha Besar yaa. Ia ciptakan berbagai macam mahluk supaya masing masing sadar kalo mereka itu nggak lebih baik daripada yang lain.

waktu rani kecil rani nakaall sekali. rani pernah bohong sama mama rani dan bikin papa rani uring uringan nyari rani karena rani main kerumah teman nggak bilang bilang. rani menyesaal. padahal rani sudah dibilang mama dan papa nggak boleh. padahal rani tau itu nggak boleh. tapi rani bukannya bilang sama mama dan papa rani. rani jahaaaat TTATT makanya kalo nanti rani jadi anak yang tidak bisa dibanggakan itu rasanya dosa sekali sepertinya. AAAHHH JADI DIGRESSED KAAAN.

intinya!! kaliankaliann ada buku cerita yang direkomendasikan kaah?? kalo ada yang bagus macem Le Petit Prince XDD kasi tau rani yaa :D sankyuuu...

No comments: