Tuesday, November 17, 2009

aksi dan waktu

waktu terasa cepat sekali berlalu. rani inget bener loh, pas rani kelas satu, rani panitia idul adha. pas sumatif. dengan nilai yang begitu indah jaman semester satu. rani selamat dari remed. rani kenalan ama orang terus ngerekam sapi digorok. rani inget pas rani sama april nggak bisa main pingpong karena mukul kekencengan akhirnya menggunakan lantai sebagai meja dan tiang lompat tinggi sebagai net.

udah setaun ya cepet. rani juga inget pas itu kayaknya hp rani masih hp yang rani sayaang bener. umurnya muda sih 4 tahun tapi buat hp kayaknya itu cukup tua. meninggalkan rani dalam keadaan sekarat tak terserviskan. aw. rani juga inget jaman itu rani seneng bener hunting chupa rasa puding. sekarang chupa puding udah langka kayak minyak. yah pas jaman itu juga udah susah sih nyarinya. kalo diitung dari supermarket... bisa cuma nemu di 1 supermarket dari 7 supermarket yang di datengin deh. itu juga kalo hoki. stok juga paling 1-3 dari setoples chupa cup.

kucing rani juga bertambah tua. rani juga bertambah tua. tapi cepet-cepet besar kayaknya kurang asyik.

ini nggak dekat tahun baru, lebaran juga udah lewat, lebaran haji juga seminggu lagi. kenapa tiba-tiba rani nulis ginian itu juga misteri buat rani. bagus kan? terkadang aksi kita tidak didasari oleh alasan. itu rani baca dibuku, tapi rani lupa itu yang ngomong karakter apa dikutip dari orang mana. mungkin benar juga. tapi kalau dipikir-pikir yang perlu alasan kan cuma tindakan objektif bukannya? tindakan subjektif nggak usah juga nggak apa kan? aduh lupa deh sosiologi kelas sepuluh.

akhir-akhir ini rani lebih sering.. melamun. bengong. spaced out. gawat sepertinya. bukannya rani nggak pernah sebelumnya sih tapi dulu tuh emang rani nggak banyak kerjaan jadi wajar kalo bengong. sekarang rani udah gedean kan udah banyak yang dipikirin. gawat juga. mungkin secara tidak sadar jiwa rani menuntut ke-nganggur-an masa lampau untuk kembali. atau jangan-jangan kepuasan marginal rani akan hidup sudah 0?? nggak mungkin. berkurang bisa jadi. tapi rani hidup belum terlalu lama sih (dalam umur orang pada umumnya) jadi kayaknya nggak deh. hem. lagi-lagi terkadang aksi kita tidak didasari oleh alasan. yah tapi sepertinya premis itu salah, bisa juga ada alasannya tapi alasannya tidak disadari. toh di dunia ini yang menentukan benar-salah yang sejati cuma Tuhan. jadi nggak tau ddeeeh.

nah kalo rani sih merasa tiap paragraf nggak ada yang nyambung. nyambung. dikit dikit. kalo dijadiin soal ulangan bahasa indonesia pasti susah deh menarik pikiran utama entri ini. dan rani merasa itu bagus, karena biasanya juga begitu. berarti rani masih rani yang biasanya. walaupun berubah demi sedikit. yang semoga perubahannya bagus. seperti kucing rani yang semakin lama bulunya semakin abu-abu. mungkin ubannya pun sudah tak terhitung.



katanya waktu nggak bisa balik. tapi waktu kan nggak terbatas. jadi masih banyak waktu. daripada liat yang nggak bisa balik mendingan liat yang didepan mata.

katanya waktu masih banyak. tapi jatah rani kan nggak segitu. daripada mikirin jatah yang belom tentu dapet mendingan liat yang didepan mata.

No comments: