Sunday, October 10, 2010

He's gay, she's lesbian, and I'm okay.

Kalo ngikutin rani di twitter pasti tau deh. Belum lama ini rani nonton Ugly Betty lagi. Terus jadi sedih deh. Soalnya inget season 5 nggak bakal ada. Yah udah deh apa boleh buat, lihat saja nanti. Terus karena liat Justin (he's gay, for your information) yang di akhir season 4 akhirnya punya pacar (?) lagi rani jadi kepikiran lagi soal bangsa-bangsanya homoseksualitas. Kenapa ya.

Sebenernya rani kepikiran udah dari.. kapan ya. Sebelum mid rani inget banget tuh ya, orang-orang pada demo di depan Embassy yang soal pemutaran film-film LGBT, hari sebelum rani nonton berita itu di koran Lika ada berita tentang penyuluhan HIV/AIDS yang sumpah nggak penting di bannernya ada gambar tipe-tipe stereotip orang gay dan hari sebelumnya lagi rani liat di Kaskus ada thread soal buku cerita anak-anak tentang ayahnya yang gay. ..Bacanya rani shock maksimal. Pas rani kelas X rani pernah pidato loh, pelajaran Bu Sri. Temanya? Homoseksualitas. Sangat kontroversial.

Kenapa ya. Kasian deh kadang-kadang sama orang-orang yang beda orientasi seksual sama orang yang biasanya. Maksudnya, yang orientasi seksualnya dianggep aneh. Abis gimana ya hmmm kalo dipikiran rani sih, nggak ada juga kan ya orang mau lahir di dunia buat jadi gay/lesbian? Kadang yang kayak gitu emang bukan buat dipilih, kayak, emang cobaan. Dikasih sama Tuhan. Apa nggak?

Kayak.. apa ya. Kalo dianalogikan kayak penyakit. AIDS gara-gara orang tuanya pengidap HIV. Cacat fisik dari lahir. Atau apa deh. Kayak penyakitnya Aya Kitou yang bikin buku One Litre of Tears. Bedanya ya... Kalo itu penyakit fisik mungkin ini penyakit nurani. Atau hati. Atau apa kek terserah. Mirip kan?

Mereka juga butuh pertolongan kok... Mereka juga manusia.. Mungkin sama kayak orang yang sakit juga, mereka mau sembuh dalam tanda kutip. Tapi takdir (for lack of better word) ada juga yang nggak bisa diubah biarpun manusia udah usaha. Jahat nggak, kalo kita menghinakan orang lain gara-gara sesuatu yang dikasih Tuhan sebagai cobaan buat dia, padahal dia nggak pernah minta, nggak pernah nyusahin kita atau siapapun gara-gara itu?

Dosa?

rani nggak tau banyak sih soal agama. Tapi rani tau kalo perilaku seksual sama yang mahram itu nggak boleh. rani tau kalo perilaku seksual di luar nikah itu nggak boleh. Nah, kalo ada seorang.. insan di rumahnya, atau di kantor atau di suatu tempat di dunia ini, yang tau dia memiliki orientasi seksual yang berbeda dari orang lain kemudian moving on, sebagaimanapun hancur hatinya mengingat bahwa.. apa ya.. cinta nya terhadap yang lain adalah tidak wajar, dosa juga? rani nggak tau. rani punya.. apa ya. Ada orang yang rani tau. Dia nggak nikah. Umurnya.. udah dewasa deh pokoknya. Dia bilang dia nggak menikah. Dia punya anak adopsi yang banyak di rumah. Udah rani sebut dia nggak menikah? Dan rani rasa, kalo hal itu di dasari karena suatu hal yang... diteriakkan oleh society sebagai ke abnormalan.. itu nggak dosa deh. Tapi rani nggak tau. Yang Maha Adil cuma Tuhan. Biar membunuh dosa rani nggak tau apa Algojo itu masuk neraka karena membunuh.

rani rasa itu berat. Apa lagi kalo ditambah penolakan dari masyarakat, penolakan dari keluarga sendiri... pasti nggak enak banget deh. Kalo rani jadi orang itu pasti sedih banget. Bingung banget. Nggak tau, abis mau ngapain lagi. Ya nggak?

rani, kalo rani.. rani nggak mau bikin orang sedih kalo dia nggak perlu sedih dan nggak pernah bikin rani sedih. Kalo emang rani bisa bantuin rani pasti mau bantuin deh.

Kita diciptakan beda-beda kan. sama Tuhan? Diciptakan beda-beda, ada macam-macam ras, suku bangsa, laki-laki dan perempuan. Beda opini, beda ideologi, beda keyakinan. Hal yang fundamental seperti keyakinan pun, ada yang berbeda. Dan apa yang agama rani bilang? Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Nggak ada satupun di dunia ini insan yang sama, bahkan yang lahir dari satu rahim. Semua orang juga beda di cara mereka masing-masing. Terus apa yang membuat ini berbeda?

Perbedaan itu anugrah. Tuhan bikin orang satu pun nggak ada yang sama, supaya kita saling mengerti satu sama lain! Supaya kita berbagi. Supaya kita bertoleransi dan simpati sama satu sama lain. Ada cerita Ali bin Abi Thalib nyaris telat solat subuh berjamaah di masjid, kenapa? Dia menghormati seorang Yahudi tua yang berjalan sangat lambat yang berada di jalannya as mau ke masjid. Apa dia menusuk kakek itu? Nggak.

Tuhan nggak pernah bikin satu pun hal yang sia-sia di dunia ini. Nggak ada yang jelek. Semuanya punya maksud, dari semuanya ada yang bisa dijadikan pelajaran.

rani nggak bilang kalo homoseksualitas itu baik ya... rani cuma bilang rani merasa kalo orang-orang yang beda orientasi seksual dari kebanyakan itu bukan orang yang perlu dikucilkan atau dihinakan karena mereka beda.

Menurut rani menerima orang apa adanya dan bersikap baik ke semua orang tanpa pandang bulu itu sesuatu yang dilakukan orang yang dewasa. Tapi ternyata walaupun sudah besar orang belum banyak yang dewasa ya. Kalo rani, rani maunya bisa baik sama siapapun.

Sampe sekarang rani nggak tau ini bener apa nggak, tapi... liat aja nanti.

"Tut, tut, child!" said the Duchess. "Everything's got a moral, if only you can find it."
—Lewis Carroll, Alice's Adventures in Wonderland

No comments: