Sunday, October 24, 2010

luapan emosi

Halo!

Ngomong-ngomong, semalem rani mimpi super epic. rani... tidur dari magrib abis nganter Mitton yang liuran sepanjang jalan pulang. Sampe jam 3 pagi. Mimpinya oke banget. rani sampe lupa. Mimpinya sangat seru, rani mimpi dalam mimpi dan ternyata mimpi itu dimimpiin sama temen rani juga terus ada petualangan apa gitu abis itu ada binatang-binatang lucu warna-warni yang lagi pesta di hutan lucuuuuu banget yang pura-pura mati tiap orang lain terus joget-joget pas udah pada lewat dibawah sinar bulan purnama sambil rani rekam di hp, rani masuk sekolah dan sekolah rani berubah jadi rumah sakit dan semua temen-temen rani jadi dokter dan ada kasus gitu deh abis itu ada Mitton ada juga burung yang lagi sakit dan rani berusaha supaya dia sehat lagi. Burung gereja itu sayapnya buntung satu dan kelihatan tersiksa dan sangaaaat hangat, kalo ditaruh di kasur badannya menjeplak, mungkin karena keringat (?) rani lupa akhirnya gimana. Tapi mimpi itu oke banget. Kalo mimpi bisa diulang rani ulang deh. AWAWA rani iri banget pengen ikutan joget bareng juga tapi nggak mungkin karena mereka pasti bakal pura-pura mati.

Terus ada bagian rani dapet kamar no 2. Apa ini berarti rani nggak ranking satu lagi? nggak ada hubungannya tapi di loker no 2 itu ada kaus kaki rani. 3 pasang apa.

Nah terus besok kan hari Senin ya terrus ada Sosiologi. Oh may june july rani kan remed ya, tapi rani sampe detik ini belum belajar tuh Sosiologi. Ngomong-ngomong sosiologi rani ada yang rani kesel banget deh lumayan, kesel dikit deng tapi kesel deh pokoknya. Jadi kan hari ini BTA pertama rani, pelajaran pertama Geografi. NAAAH lagi bahas hidrologi, ada soal yang nanya perairan laut Indonesia timur sama barat asinan yang mana? Terus, rani jawabnya yang Barat lebih asin. Mengapa? rani jelaskan di depan ntar. Ternyata jawabannya di Timur yang lebih asin. Alasannya adalah karena bagian barat itu bagian yang banyak hujan, otomatis kalo hujan, di laut kan air yang nambah bukan air asin, jadi di Timur lebih asin deh soalnya ujannya dikit (gitu deh kalo panjang capek ngetiknya) NAH TAPI YA waktu kelas XI, rani diajarin sama Ms Yuli Katarina, rani sama temen-temen diajarin, kalo salah satu yang mempengaruhi kadar garam di laut itu adalah.... mineral dan segala macam kandungan yang dibawa oleh sungai dari daratan! Dan kalo rani nggak salah inget, itu adalah salah satu yang cukup berpengaruh. rani nanya dong, "Kak, bukannya lalalalalasungaijugamempengaruhilalalala ya? Terus.. bukannya sungai byk di barat?" Terus kakaknya ngejelasin, kalo emang itu berpengaruh!

Tapi (pake tapi) pengaruhnya nggak se-signifikan pengaruh ujan-ujan tadi. Dia juga bilang kalo itu nanti di soal bakal lebih ke "Laut mana yang lebih banyak polutan" dari pada "kandungan garam". rani nggak peduli ama soal sebenernya, TAPI RANI PENASARAN BANGET. Jadi rani mikir dikit terus nanya lagi.... "...Kalo gitu semakin lama air laut itu kadar garamnya makin dikit ya kak?" (MENDING DI SKIP: rani nanya gitu dengan asumsi kalo ujan bikin kadar garam jadi lebih dikit dibanding yg ngg kena ujan sedangkan ujan nggak mungkin nggak terjadi selama matahari masa ada brarti makin lama ya air laut makin nggak asin. ribet ya maap ya tapi ini sesuatu yang rani pikir di afirmasi sama kakaknya bukan maksudnya dijelasin lagi) TAPI TAPI TAPI kakaknya bilang makin lama makin asin!! Nah, rani jadi bingung kan, apa kah asumsi rani salah? Apa rani miscom? Apa pemahaman rani yang ngaco? rani nggak menyuarakan itu, tapi kakaknya ngejelasin kalo hujan itu juga nggak cuma ujan doang tapi yang sungai2 rani sebut tadi juga ngaruh jadi makin lama makin asin. Nah ini rani nggak ngerti, apalagi kakaknya nyontohinnya kontradiktif ama yang dibilang, ditulisnnya kadar garam bagian barat lebih gede dari timur. RANI MAKIN BINGUNG KAN. Tapi ini bukan salah kakaknya, rani yakin kakaknya salah tulis, raninya juga emang mikirnya kayak odong-odong yang jalannya nggak maju-maju, dan yang yang yang yang lebih mau rani salahain itu adalah KONDISI KELAS YANG NGGAK KONDUSIF. Tentu saja abis itu rani manggut-manggut aja tapi pasang wajah IQ jongkok. Biar kakaknya nerusin jawaban soal.

Pas rani nanya itu ya, kelas rani udah pada "Huu huu" "EHEM EHEM" mengindikasikan orang udah pada bete sama pertanyaan rani. HEY! rani nanyakan bukan kenapa bulan bopeng-bopeng, atau apakah Aspergillus wentii yang bikin kecap jadi enak. Maaf ya maaf banget buat yang ngerasa annoyed tapi rani juga nyadar kok kalo ada orang nanya nggak penting itu rasanya malesin banget, "pengen cepet-cepet selesai aja bahas soal ni orang ngapain sih pake nanya-nanya", tapi yang rani kesel itu bukan perasaan betenya, tapi kenapa sih, nggak mencoba buat menghargai orang yang nanya? rani juga bukan maksud lama-lamain kok cuma menegaskan jawaban. ITU KAN GUNANYA BIMBEL? SUPAYA NGERTI? esmosi deh. Apa emang salah rani? Apa seharusnya rani diem aja, terus nyari jawabannya di internet aja, atau mungkin lain kali aja rani tanya ke guru itu atau guru geografi rani yang lain, biar rani keburu lupa terus udah ngerasa yang kayak gitu udah nggak penting rani pikirin. Maaf banget kalo rani nggak pinter-pinter amat, maaf banget rani udah nanya bikin lama.

Saat rani pulang rani jadi mikir deh, emang pertanyaan rani yang OOT banget ya? Nggak penting banget ya ampe nyaris satu kelas berusaha rani selesain pertanyaannya? Apa rani nggak tepat waktu nanya nya? Apa rani harus ke bimbel yang mahal supaya bisa dijawab kakaknya sampe rani ngerti? Apa rani nggak harus ngerti itu karena itu nggak keluar di SNMPTN? Apa rani nggak perlu nanyain karena nggak ada seorang pun di bumi ini yang mau tau laut itu seasin apa di masa depan?

rani jadi sedih. dikit doang tapi sedihnya. rani jadi kesel! rani jadi mau nyalahin orang juga!

rani mungkin emosi terus jadi subjektif ya, tapi mikir deh, kenapa sih nggak berusaha buat mikir kritis? Kenapa sih nggak mencoba buat ngehargain pertanyaan orang? Oke deh kalo kalian emang udah ngerti, tapi apa mustahil, dari... 30 orang yang ada di kelas itu yang nggak ngerti dan berusaha memahami cuma rani doang? Bukannya niat mau menghambat progres membahas soal, tapi emangnya bimbel itu cuma belajar dari kakaknya doang? Apa temen-temen nggak bisa bantuin ngajarin rani, rani juga nggak bisa minta tolong ajarin? Apa nggak boleh ya, kalo bahas sesuatu yang nggak ditanyain sama soal? rani juga mau pinter sama-sama, rani kalo mau pinter sendiri bakal nanya sendiri aja, cari sendiri aja. Karena rani pikir itu pertanyaan global yang supaya temen-temen juga tau rani tanyain. Maaf banget kalo ternyata rani salah. Maaf juga rani tersinggung sampe nulis ginian, emang lagi sisa-sisa hormon labil nih akhir bulan.

Kalo nggak ngerti, nanya. Nanya terus berarti bodoh. Tapi kebodohan yang melahirkan pertanyaan itu merupakan anugrah rasa-rasanya. Kenapa sih mau aja nerima-nerima aja kalo usaha itu sama aja kayak gaya kali perpindahan? Coba deh pikir lagi siapa tau nama Anda jadi satuan usaha yang baru. Newton juga, Newton terkenal gara-gara dia bingung kenapa apel nimpuk dia bukannya ke langit. Kapan anak-anak Indonesia mau maju kalo nanya kadar garam di laut aja pake di huuuu in sama sekelas. Udah keburu nggak nafsu nanya yang lain. Makanya orang jaman sekarang kebanyakan kalo udah tau sesuatu nih, disimpen sendiri sampe dia bisa buktiin dan terkenal sendiri. Kalo diceritain ke orang malah diketawain. Liat deh, banyakan mana, orang dapet nobel sendiri apa sekampung sama temen-temen satu timnya? rani bahkan nggak pernah denger ada orang dapet nobel bareng. rani juga nggak pernah nyari tau sih. Tapi rani sudah membuktikan satu poin tuh.

rani nggak mau ya kayak gitu! Kapan nih dunia mau bagus kalo semua orang induvidualis, nggak mencoba ngertiin orang lain! Kali ini udah nggak ada hubungan sama rani nanya di kelas. Kapan dunia mau global kalo beda warna kulit, beda ukuran mata aja udah pada memalingkan muka. Terus, biarpun rani remed sosiologi, rani belajar kalo ciri-ciri manusia modern itu induvidualistis. Kenapa sih? Kalo mau saling toleran dan hidup dalam kebersamaan harus tradisional ya? Kalo mau modern harus tega ya? Harus sendiri ya kalo mau hidup di belantara dunia modern ini?

Huf. suuzon banget yak. yaudahlah apaboleh buat lagi emosi. hahah. Oh ya supaya jadi nggak angsty rani kasih quote yang menyentuh (bagi rani):

"Din, kamu ya yang kemarin naroh Fior di kamar bawah?"

"Iya. Abis ayuk kan tidur di bawah."

"Kamu naruh Fior dibawah.... buat aku?" (Norak tapi beneran kata-katanya kayak gitu tapi serius mayan nadanya)

"......Iya" (ragu lumayan karena ngerasa norak)

".." (terharu)

__

Hari ini rani remed Sosiologi sama Sejarah. Ternyata Sosiologi rani berhasil. Karena semalem rani lupa Sejarah juga remed, rani jadi frustasi waktu ngerjain. Tapi nggak papa deh. Terus rani nanya Noni juga soal pertanyaan rani yang laut-laut itu (penasaran banget rani abisnya) terus rani mulai ngerti dikit-dikit salah rani dimana. Walaupun penjelasannya rani belum terlalu ngeh. Tapi itu udah cukup progres. Lumayan lah. rani jadi nggak marah lagi deh. Untung ya ada orang pinter disekitar kita yang bisa ditanyain. rani maunya biar udah lulus masih mau hidupnya di lingkungan banyak orang pinter baik hati yang bisa ditanya-tanyain. Semoga aja ya.

No comments: