Thursday, March 24, 2011

Asisten Rumah Tangga rani

Seperti kebanyakan rumah, rumah rani punya pengalaman dibantu oleh asisten rumah tangga. Abis ya gimana, mama sama papa kan punya kerjaan, rani sama adek rani juga sekolah. rani sama adek rani pulang sore, mama juga, papa pulang lebih lama lagi. Yang ngurus rumah siapa, pikir kami. Nggak mungkin juga Mitton disuruh ngepel sama ngasih makan ikan tiap pagi kan. Jadi kami pun punya pengalaman dibantu oleh asisten rumah tangga (ngulang), dan dari semua pengalaman dibantu oleh asisten rumah tangga yang pernah dialami rumah keluarga rani, ada yang paling mengesankan. Ini mau rani ceritain. Supaya nggak lupa. Mungkin waktu udah lebih besar rani inget supaya pilih-pilih kalo butuh asisten rumah tangga. rani udah pernah cerita ke banyak temen-temen rani lho, btw.

Mulai ya. Nggak tau ni orang umurnya berapa, tapi namanya PINO (bukan nama asli). Singkat cerita, dia memiliki kebersihan diri yang sangat buruk (sampe-sampe mama rani beliin dia perlengkapan bebersih pribadi buat dia), mengelap kaca dengan semprotan khusus kayu (yang mayan harganya dan disalahgunakan pula), membersihkan rumah dengan tidak terlalu bersih, memasak sayur yang rasanya agak mirip sabun cuci piring, mencuci baju yang tidak boleh dicuci (menghasilkan adek rani yang nangis heboh dan marah-marah), disuruh macam-macam juga nggak bisa karena kepercayaan keluarga rani sama PINO ini terlalu sedikit (rani bahkan pernah kena pecahan kaca yang membuat kaki rani berdarah, sampe-sampe rani nggak mau kamar rani dibersihin orang ini), singkat kata dia agak tidak terlalu berfungsi untuk disebut ASISTEN rumah tangga. Dan udah nggak berfungsi, dia memanfaat ketidak-berfungsiannya dengan jajan ke pasar (banyak banget jajannya astagfirullah), dia ngeblow rambut ke salon, pokoknya di mata rani dia adalah gabut dan menikmatinya.

Dan yah, ini mungkin agak kasar, dan maaf kalo ada yang tersinggung, tapi mungkin dia ini masuk ke katagori bodoh. Bukan bodoh akademis, jadi mungkin rani masukkan kategori sakit jiwa oke yang rani coret itu jahat, rani bingung juga nyebutnya apa, perasaan rani istilah bodoh itu udah terlalu baik. Mungkin lugu? Lugu yang agak kebodoh-bodohan?

Ya itulah.

Semua ketidak-berfungsian dia mengurus rumah bisa kami maklumi. Dari kami maksudnya rani dan papa rani, karena mama rani dan adek rani muak dan sekitar 2 mingguan kurang lebih udah capek dan mau orang ini pergi untuk selamanya dari rumah rani. Tapi papa rani bilang kami harus kasian sama dia karena dia nggak seberuntung kita dan kami harus ngasih dia kesempatan buat berusaha dulu. rani sih memang agak apatis ya jadi rani mau dia pergi ya silakan, nggak pergi juga... hmm.. yaudah lah. Sampai terjadi suatu peristiwa yang tidak bisa rani lupakan.

Pagi-pagi sebelum rani berangkat sekolah agak siang (mungkin lagi pekan TF atau mid test rani lupa) rani menemukan Mitton di tengah ruangan terlihat berbeda. Mungkin perasaan rani aja, tapi setelah rani liat-liat lagi, itu SAMA SEKALI BUKAN perasaan rani. Memang ada yang beda dari Mitton. Dan itu adalah kumisnya. Kumisnya. Adalah. Dicukur.

rani meledak.

(Ketawa maksudnya)

Cuma sebentar. Abis rani liat lagi, rani jadi sedih ngeliat Mitton. rani elus dan rani bingung bertahun-tahun rani sama Mitton rani nggak pernah liat Mitton wajahnya sekesian ini (mungkin pernah beberapa kali tapi rani lupa) jadi rani tanya ke Mbak PINO apakah mbak ini tau apa yang terjadi sama Mitton. Dia bilang nggak. Nggak mungkin keluarga rani ada yang nyukur Mitton, nggak ada di rumah rani yang sebodoh dan segila itu mau nyukur Mitton. Di rumah rani waktu itu ada Om A', tapi Om A' juga sayang sama Mitton dan udah sempet bertahun-tahun juga nggak pernah kejadian Mitton kumisnya dicukur. Meninggalkan tersangka Mbak ini atau orang luar. Tapi rani harus pergi jadi rani sudahi dulu. Akhirnya memang tumbuh lagi, tapi lama bener deh. Dan Mitton juga.. kasian deh pokoknya. rani malah sedih juga sempet ngetawain Mitton (walaupun waktu itu memang wajah dia udah nggak kayak kucing tapi anjing laut sangking anehnya) padahal kumis itu penting banget loh buat kucing, NGGAK BOLEH DICUKUR.

Nggak cukup kumis Mitton dicukur, rani menemukan beberapa waktu kemudian (kumis Mitton udah agak tumbuh tapi belum panjang) kalo ALIS MITTON JUGA TERCUKUR.

Percayalah, mama, papa sama adek rani nggak percaya kalo alis Mitton tercukur (nggak pernah merhatiin) tapi Mitton itu kucing rani dan rani tau Mitton punya alis dan sekarang udah nggak ada. Waktu kumis Mitton dicukur rani nggak marah. Bener. Tapi kali ini rani marah. MARAAAH banget. Dalam hati rani rani sampe bilang 'Kalo sampe ketemu orang yang nyukur Mitton, rani beneran bakal pukul orangnya sampe orangnya kesakitan!' (kurang lebih) padahal seumur-umur rani jaraaaang banget pengen mukul orang tau nggak. Itu bukti kalo rani sangat sangat marah.

Kemudian, ada yang aneh juga sama ikan di kolam dalam rumah rani (fyi di rumah rani ada dua kolam ikan satu di teras satu di dalam rumah, di luar ikan mas sama ikan lele, di dalem ikan mas yang warna-warni dan besar-besar) ikan di dalam rumah rani itu ramah-ramah loh. Mereka bakal ngedeket kalo ada orang yang mampir ke kolam. Kalo dikasih makan dari tangan mereka nggak takut dan makan dari tangan kita, bahkan rani dulu sering sengaja masukin kaki ke kolam biar dicium-cium ikan (berasa fish spa tapi ikannya segede lengan orang dewasa). Tapi tiba-tiba mereka jadi menjauh. Mereka jadi takut. Terus nggak mau lagi makan di tangan. Terus tiba-tiba mati satu. Terus mati dua. Dan berlanjut.

Ya ampun.

Papa rani sayang banget loh sama ikan-ikannya. Papa rani super sedih. Tapi waktu itu kami sekeluarga nggak suuzon, walaupun ngerasa ada hal yang sangat aneh terjadi di rumah ini.

Sampai akhirnya... ditemukan mayat ikan DIATAS POT TANAMAN.

Nggak cuma satu mayatnya, banyak (tapi nggak diatas pot semua). ANEH BANGET KAN. Menandakan apapun yang membuat ikan ini mati, ikan ini sangat syok sampe-sampe dia loncat keluar kolam. Di kolam luar rumah rani udah kayak bekas genosida. Kayak camp konsentrasi tapi ada mayatnya. Ada sisa ikan (SEDIKIT!) dan waktu itulah papa menemukan hal aneh lain lagi di pot.

Ada sambel tempe.

Di rumah rani nggak ada yang makan sambel tempe. rani karena nggak suka pedes, dan semua orang di rumah rani nggak makan itu karena rani. Menyisakan... Mbak PINO.

Papa rani meledak. Meledak banget. Marah. KALO PAPA RANI BOM BENERAN SINGAPUR TENGGELAM. Karena papa rani super sayang sama ikan-ikannya dan menemukan ikannya mati TERLONCAT sampai DITEMUKAN DIATAS POT merupakan hal yang sangat, sangat, melampaui batas.

Papa rani marah. MARAH BANGET! Padahal papa rani super jarang marah. rani bahkan nggak inget papa rani marah sebelumnya. Papa rani marah, manggil mbak Pino dan marah. Papa rani sampe bilang Mbak Poni gila, terus Mbak Poni akhirnya ngaku. MBAK PONI MENGAKUI SEMUA KEJAHATANNYA.

Mbak Poni ngelempar sambel tempe ke kolam, yang meracuni ikan-ikan di kolam rani (kecuali yang super strong: KARENA YANG STRONG PUN ADA YANG MATI) dan membuat ikan di dalam rumah trauma berat dan mati beberapa (entah apa yang dia lakukan), dan menyukur alis dan kumis Mitton. Beruntung rani lagi nggak di rumah, ato nggak hal yang rani bilang di dalam hati waktu rani marah. HUUUUFFF.

Akhirnya dia pergi. For good.

Mama rani bilang kalo mama nggak abis pikir orang itu bisa tinggal di rumah kami selama 3 bulan dengan gaji; kalo orang biasa pasti udah nyetrika punggung mbak ini dalam 2 hari. rani juga kagum kenapa rani nggak ngerasa kumis Mitton sebagai pertanda. Atau jendela rumah rani yang tidak lagi kasat mata, mirip kaca yang dipoles mentega berkat mbak ini. Atau kerjaan rumah yang nggak pernah beres. Atau seharusnya dari melihatnya aja udah keliatan nggak bisa bersihin rumah (personal hygiene helloo..) dan sebagainya. Kesabaran penghuni rumah rani benar-benar diuji.

Dan itulah. Pengalaman yang seperti ini juga memang harus dialami sama keluarga rani supaya nggak naif-naif amat kalo menerima asisten rumah tangga. Semoga kalian yang berencana punya asisten rumah tangga nggak menemukan orang ini untuk dijadikan asisten rumah tangga. Karena dia yang terparah. Di seluruh jagad raya mungkin. Jadi bersyukurlah bagi kalian yang memiliki asisten rumah tangga yang bisa diandalkan.



"Nggak nyangka kita pernah melihara penjahat di rumah ini." - Mama rani.

"Mungkin sebutan yang cocok itu ya yuk, 'Oon Si Pencukur dan Pembunuh." -Papa rani

3 comments:

klaravirencia said...

GILA sumpah ngeselin banget rannnnnn si mbak PINO itu parah.
pas yang kejadian kumis mitton sih masih lucu ya... (kayanya. ga pernah liat kucing rani sih)
tapi yg ikan itu sih udah parah. parah banget kalo udah sampe sesuatu mati. ngeselin banget.
tapi keluarga rani sih sabar banget udah nahan2 sampe 3 bulan gitu.. padahal jelas kerjaannya ga becus :|

klaravirencia said...

btw kenapa rani ngga pake istilah PRT? bukan knp2, penasaran aja :p

chop said...

EMANG REN super ngeselin banget kan, tapi keluarga rani jarang dirumah jadi ketemu dia juga jarang, yang bisa diketemuin cuma BUKTI-BUKTI FISIK TAK TERBANTAH yang terlihat di peliharaan2 rumah rani. HUUUUFF itu juga gara-gara papa rani pake maklum segala sih padahal serumah udah nggak suka ama tuh orang (sampe akhirnya ikan mati)

Oh itu, nggak papa sih ren biar lebih berkelas (?) haha