Saturday, August 7, 2010

curcol

rani nggak basa-basi deh. rani cuma mau uang, bener deh. rani memutuskan ikut OSN, karena rani dengar temen rani yang menerima medali perunggu tahun lalu dan dapat uang dari kabupaten (kalau tidak salah) dapat uang. rani ikut lomba pun ingin uang, dan itu semuanya kalah dan rani nggak dapat uang.

rani nggak tau kapan tapi ditengah perjalanan itu semua rani jadi nggak mau uang lagi. Oke rani masih mau uang, yang banyak, tapi itu bukan, bukan yang akhirnya bikin rani seneng. rani memang dapat uang, dan rani seneng, tapi ternyata kesenangan rani itu bukan karena uangnya. Uang yang rani terima itu udah dikorupsiin (likely), dan rani tetep seneng.

Pas mulai OSN rani nggak pernah ngarep buat lolos sampai kota. Atau propinsi. Atau nasional. Semuanya terjadi dengan biasa saja dan pas ketauan lolos pun, seperti yang biasa-biasanya, rani nggak merasa senang-senang amat. Senang sih tapi bukan senang-senang amat. Nggak terasa memuaskan, tapi nggak terasa memuaskan juga. Ternyata rani salah. rani seneng, rani puas.

Pas di karantina rani nggak pernah merasa ini kompetisi. rani senang. Ketemu teman-teman yang nggak pernah rani sangka-sangka macemnya, rani senang. Pas di Medan, rani juga nggak merasakan perang. DKI menang! DKI menang! Tapi perang? Mmn. rani pikir mungkin karena rani merasa rani akan mendapatkan kemenangan absolut. Tapi ternyata bukan karena itu. Ternyata dari awal pun nurani rani sudah merasakan kemenangan yang baru rani sadar saat ini. Bukan medali bukan. Bukan piala atau penghargaan piagam atau sebagainya, bukan menang uang juga. Nggak tau deh, kayaknya agak-agak eeeeemmm spiritual gitu tapi namanya menang tetep menang dong! rani seneng!

Nah cerita yang abstrak barusan rani akhiri. Sekarang rani cerita dengan cepat. rani dapet perunggu bidang ekonomi. SMAN 8 dapet 11 medali dari 14 orang yang dikirim. Jakarta juara umum lagi. Tim DKI Ekonomi ada 2 dapet emas, 4 dapet perak, 7 dapet perunggu. Jadi bagian dari Tim Ekonomi DKI itu membahagiakan. Kami ber-22. Dan nggak seorang pun dari 22 orang itu nggak spesial. Keren deh. Itu juga salah satu kemenangan rani. rani bingung ceritanya kayak gimana pokoknya rani seneng. Oh ya. Dan banyak skandal. Hahahah.


SMAN 8 Jakarta juga gila tahun ini rani biar dapet perunggu aja (perunggu jelek? nggak. Biar nggak jelek bukan berarti yang terbaik kan) rani bangga banget bisa ngasih nama lumayan buat sekolah sendiri. Padahal biasanya rani kalo ikut lomba pengen uangnya aja, tapi ternyata bawa nama sekolah tuh seru ya. Setiap nama temen-temen rani disebut rani langsung girang tak tertahankan padahal itu bukan rani, padahal rani nggak dapet apa-apa, padahal rani nggak dapet komisi, tapi rani tetep seneng.

rani nggak ngerti, tapi manusia tuh senengnya abstrak ya. rani nggak puas, seneng dan seneng dan nggak puas dan kecewa dan bahagia dan sedih dan seneng pada saat yang sama. Dan karena alasan yang sama juga.

2 comments:

Komang said...

Kak rani, selamat ya... :) hebat banget bisa beraksi di tingkat nasional

chop said...

Iii makasih ya Komang :D kamu juga kok, tinggal tunggu waktu sampe aksi kamu di hargai di tingkat nasional dan internasional :)