Tuesday, November 16, 2010

Déjà vu. NOT.

rani wall-wall-an sama temen rani yang di Jerman. Terus rani terharu karena dia bilang cerita rani menarik. Uhuu rani tersentuh. Entah kapan terakhir rani nulis cerita-cerita itu. Bahkan rani lupa apa aja cerita yang udah rani tulis. rani baca lagi barusan. Sekalian nostalgia.

Terus apa? rani jadi tertohok banget sama satu cerita nih. rani nggak sadar kalo selama ini rani udah tau itu, tapi rani harus disadarkan sama kata-kata orang lain (kasus ini buku)buat bener-bener ngerti. Padahal kalo rani baca cerita itu sama satu kalimat di buku itu sama aja sebenernya.

Ceritanya: this post

Dan inilah kalimat di dalam buku itu:

"Bad is never good until worse happens." - Danish Proverb


Oke, udah rahasia umum kalo misalnya semua orang bakal sampe tahap realization akan random anything, dan mereka berusaha buat mengekspresikannya lewat macem-macem. Entah itu ngomong, aksi, musik, lukisan, gambar, nyanyian, puisi, cerita, dan macem-macem lain. Dan lewat media itu, nggak sedikit orang yang jadi ngerti, orang jadi sepaham, orang jadi terinspirasi. Ya nggak. Tapi emang ada kalanya, suatu atau duatu pemikiran atau ekspresi yang sama lahir dari insan-insan yang berbeda, dari beda umur, beda jenis kelamin, beda keyakinan, beda generasi, beda macem-macem lah. Kayak kalkulus, si Newton sama siap namanya, Leibniz? Apa Liebniz? Itulah. Ya mereka juga bukannya salah satu plagiat yang lain nih, tapi karena emang mau seunik apapun manusia sebagai individu, mereka itu nggak lebih dari sekelompok manusia. Manusia ya manusia. Kamu mau bilang kamu beda dari yang lain? Emang kita beda-beda, tapi sebeda-beda apapun kita, there's gotta be something we have in common; YA IYA LAH, tapi hal yang sama itu bisa jadi jauh, jauh lebih kompleks dari yang kita kira. Sesuatu yang kita pikir satu karakter yang kita pikir sebagai satu yang membedakan kita dari yang lain--sesuatu yang bener-bener kita doang yang punya-- mungkin itu nggak ada. Kamu nggak tau mungkin di belahan dunia lain, atau mungkin cuma di rumah sebelah, ada orang yang sama juga, kea gitu juga lagak-lagaknya tuh.

Ya tapi pada akhirnya bukan satu atau dua perbedaan karakter kita yang bikin kita spesial. Tapi kita... ya kita. Satu. Dari urutan gen kita, dari segala macem watak yang ada di kita, dari segala cara kita ngomong, cara kita megang sendok, jari-jari yang ada 10 (atau 6, atau 4, terserah), jantung kita yang berdegup (atau yang nggak); semua-semuanya kalo dipaketin tuh baru deh: spesial, nggak mungkin ada yang sama satu pun. (Wallahu'alam emang ye namanya makhluk ciptaan Tuhan, tapi ayo kita asumsikan begitu sampe ada bukti yang menunjukkan ada satu individu yang percis sama kayak individu lain. Which is highly unlikely) Kalo cuma; "Unik ya dia, masa dia duduk tapi bokongnya nggak nyentuh permukaan kursi." you'll never know orang kayak gitu berapa banyak di bumi. Tapi kalo: "Beh emang orangnya unik banget tuh, makannya pake kaki, jari tangannya ada sebelas, nulis pake gigi, kalo cerita selalu pake joget, udah gitu udah denger belom? Dia kan dapet nobel gara-gara mutasi kromosom ayam sama tanaman lidah buaya." Nah kayak gitu tuh, baru bisa dibilang spesial. Nggak selebay itu emang, tapi gitulah, pasti udah ngertikan poinnya.

Terus... yaudah. Kalo balik ke cerita itu lagi.. Lucu ya, rani baru nyadar soal itu tahun lalu, padahal orang dari Denmark udah tau berapa abad yang lalu gitu ya hahaha. Ikhsan, kalo kamu baca ini, rani sangat mengerti perasaan kamu waktu kamu nulis post yang ini. rani kangen juga bikin cerita lagi. Haha tapi jujur aja nih rani nggak pede sebenernya nulis-nulis, takut menyesatkan juga abis rani kalo nulis suka nggak jelas maksudnya, interpretasi temen-temen banyak yang beda sama rani, bahkan ada yang interpretasinya lebih dewa dari niat rani pas bikin ceritanya haha. Terus masa ada temen rani bilang rani cocok jadi psikolog. rani malah takut pasien rani yang nggak papa malah jadi gila gara-gara psikolognya rani. Tapi mungkin rani jadi banyak uang karena konsultasinya jadi lama. Tapi itukan nggak boleh ya.




Lazarevic: You think I am a monster, but you're no different from me, Drake. How many men have you killed? How many, just today?
—Uncharted 2

No comments: