Sunday, November 21, 2010

menyemangati diri

Kadang kepikiran deh, sekarang kan rani lagi di masa lagi labil-labil banget kan ya, rani kadang ragu nih, apakah rani bener-bener minat bakat dan segala macemnya bener-bener sesuai sama pilihan rani. Soalnya... ya... rani nggak pernah ada hal yang rani particularly sukaaaa banget dan benciiiii banget sedunia sejagad raya sealam semesta, mata pelajaran yang rani suka banget nggak ada, yang rani benci banget nggak ada, makanan juga nggak, hobi juga ganti-ganti, mainan juga ganti-ganti, rani nggak terlalu inget apa yang rani nggak berubah. Yang nggak berubah adalah rani terlalu dinamis dan terlalu fleksibel. Kayaknya. rani lebih jago multitasking dari pada fokus. Dibilang nilai matematika rani bagus... rani payah sebenernya dalam kalkulasi. Mungkin dari anak satu sekolah rani rani yang paling payah ngitung, masih ada nggak temen-temen yang salah 3^2 sama 3x2? rani masih sering. 8 kali 7 sama 8 kali 6 aja masih sering salah.. ngitung belasan masih pake jari. Bahasa Indonesia apalagi. Ekonomi? rani takjub rani bisa masuk OSN karena jujur aja rani belajar aja kayak buaya dikasih sayur kangkung. Intinya rani nggak ada kebisaan spesial-spesial amat, tapi kalo payah nggak ada yang payah-payah amat.

Kira-kira orang kayak rani bakal survive nggak nih, di masa depan yang segala profesi diisi sama orang-orang yang punya spesialisasi di bidang itu?

Terus temen rani, Lika, pernah nanya gini:

"Ran, menurut lo, kuliah itu buat ngembangin potensi yang udah lo punya, apa buat belajar sesuatu lo perluin buat ke depannya?"

Jujur aja rani bingung. rani sendiri, kuliah mau apa? Kenapa? Karena yang yang former, apa yang latter? Mungkin dua-duanya.

Terus rani jadi bodo amat sama kebisaan rani apaan. Atau apa rani bakal survive apa nggak. Ternyata rani merasa konyol banget. Kok yang kayak gitu dipikirin ya? Padahal rani udah yakin kan. Kan rani udah milih! Ya nggak? rani yang hari ini lebih tau apa yang rani butuhin hari ini, bukan rani yang kemaren atau rani yang di masa depan. Buat apa rani mikirin apa yang rani butuhin di masa depan kalo yang di masa depan aja belum tentu ada, dan rani yang hari ini punya passion di hal ini nih! Bukannya justru uncertainty itu yang bisa bikin rani yakin, yang bisa bikin rani membuat pilihan? Karena di dunia ini nggak ada yang pasti makanya rani berusaha terus, rani belajar biarpun rani nggak segitunya hobi, biarlah rani jadi buaya yang makan sayur kangkung dan dapet perunggu. Karena ada yang namanya takdir rani jadi ikhlas sama semua yang kejadian, sama semua yang rani terima dan alami, soalnya emang itu yang terbaik! rani nggak pernah ngarep gagal, tapi seandainya rani gagal pun nggak papa. Gagal itu bukan pilihan! Gagal itu hadiah juga sama kayak yang lain-lain, makanya rani nyoba nih. rani nekat nih. rani semangat banget nih nekatnya biarpun belajarnya belum sesemangat rani nekat.

Sewaktu rani SD, kelas... 2 atau 3, pas rani pulang sekolah dan mikir sepanjang jalan kaki ke rumah, rani nggak pernah nyangka rani dikasih anugrah yang banyak dari Tuhan. Tapi hidup juga siklikal, kalo rani berhasil lewat masa-masa sulit yang sebelumnya, rani yakin nanti kalo ketemu masa-masa sulit yang lain rani juga pasti bisa deh! Biarpun sulitnya udah naik level, rani kan juga udah naik level! Kan Allah udah bilang kalo kita nggak bakal dapet kesulitan yang nggak se-level sama kita, ya ngggaaaaak. Sekarang lagi masa rani diatas mungkin, tapi hidup kayak kurva nih, kalo nggak dipertahanin dan dibuat progres bakalan jatuh kebawah.

rani bakal jadi seorang yang pesimis yang nggak akan menyerah! Menyerahnya nanti pas udah berhasil. Atau udah sampe ke keberhasilan something-something. rani nggak mau kalah sama nilai-nilai rani! Dasar nilai pembuat manusia terlena, dasar nilai pembuat orang tidak kreatif! Dasar nilai pembuat murid-murid jadi tidak cerdas! rani pasti bakal menang! rani bakal mengalahkan nilai dan menang, rani bakal perang sama degradasi moril dan menang, rani bakal menang bahkan saat rani kalah! rani bakal menang bahkan pas rani nggak melawan apapun! Nanti kalo rani udah menang, rani mau pelihara anjing sama lumba-lumba sama burung hantu sama firefox. rani juga mau pelihara beruang kutub sama harimau putih. Biar Mitton punya temen yang banyak. rani mau joget sama binatang-binatang warna-warni yang joget dibawah rembulan, yang pura-pura mati pas ada orang lewat! Ntar, di surga.

rani nggak mungkin sendirian! Biar rani satu diantara sejuta, diantara dua juta dan tiga juta kan rani nggak cuma satu! Yeeeeeyy.

Terus kapan rani belajarnya ya.





"Oh, that… well… since I believe I can do the impossible, I just don’t think about it and do the impossible."
—Michael Garcia, The Impossible Man

2 comments:

arutaki said...

surganya fancy banget -____-

chop said...

Apa boleh buat, kalo rani nggak masuk surga nanti rani masuk penjara karena nggak legal pelihara gituan :''( yang joget itu keren! super keren! di mimpi rani nggak sempet joget bareng