Wednesday, April 1, 2009

Bad Fanfiction

ahem. sebelumnya rani ucapkan selamat ulang tahun kepada Sakura dan Syaoran dari TRC!! XD yeeeeiii!!! --tepuk tangan-- okeh. nggak penting.

___

hmm. bingung deh rani ngomongnya kayak gimanaa... hmm. begini deh. kawan-kawan semuanyaa, rani kan manusia, jadi selaluuu aja ada rasa capek dan penat. apalagi sekolah. phew. pokoknya sibuuuuuk banget. padahal rani pikir yaa kalo masih kelas satu sma tuh pasti masih nyantai gituu deeh. tapi. ampuun. sekarang aja buat kelas aja udah ada drama. BBM. ASC. mesis ada maker. pramuka camping. sekolah! BELAJAR. dan sekarang LKS. LKS sampe mei. whoa. belom remed. udah tau sekolah rani kayak apaan. satu-satunya yang bisa membuat rani tetap sane sampai saat ini adalah karena hobi rani dengan animanga dan bl. kalo nggak, rani mungkin sudah rusak dari lama :)

namun, dengan padatnya jadwal rani, rani sudah sulit untuk menonton anime-anime lagii... paling-paling rani membaca komik yang rutin dan tentu sajaa... fanfic. 

jeng jeng jeng jeeng. (yang tadi cuma prolog. sebenernya yang mau rani bahas adalah yang dibawah)

ya. fanfic. tapi ya biarpun yang namanya nyari fanfic itu sangat mudah sekali, yaitu  anda tinggal membuka ffn.net kemudain mencari fic yang bisa dibaca.. atau yang mudah buka saja search engine dan ketik keywords nya 'fanfic ----' tapi mencari fanfic yang bagus dan berbobot itu SANGAT. SULIT. SEKALI.

biasanya kalo rani mau nyari fic yang enak dibaca, rani langsung ke halaman yang paling lama. yaah. soalnya.. biasanya fanfic dulu itu lebih berbobot dari fanfic yang sekarang-sekarang ini.  

kenapa?

karena (menurut observasi rani) ketika fanfic-fanfic itu masih jarang dan fandom tersebut belum tenar, biasanya orang-orang akan segan mempost kan fict yang dia rasa belum worth to read. 

sedangkan, semakin banyak fic, semakin banyak yang ngaco, semakin banyak juga orang yang asal-asalan menulis cerita. entah itu pwp, atau apalah yang terkadang rani suka kesel aja baca nya, walaupun rani tau kalo namanya ffn.net itu kan buat umum. dan namanya juga "unleash your imagination" yaa rani mana bisa ngejudge fic ini nggak worth di post atau apalah. orang itu hak sang author. yah tapi nggak semuanya fic baru jelek laaah. tentu saja banyak fic-fic baru yang nggak kalah bagus sama yang lama. yang saya sayangkan adalah membuat fanfic tidak lagi menjadi tempat menyalurkan imajinasi/fantasi fan. kesannya lebih ke main-main --' padahal membaca fanfic buat rani bukan main-main. 



ah. rani jadi digressed. maaf (_  _')

nih yaa. kalo menurut rani, fic-fic yang kurang bagus itu antara lain mengandung:

Mary Sue 
fyi, mary sue adalah karakter yang 'pemeran penting yang perfect dari segala bidang tanpa cacat'  dan rani sangat tidak menyukai masuknya karakter seperti ini dalam fic. aaah. nggak enak dibaca deh jadinya. membosankan dan bikin eneg. ih beneran deeh! pokoknya menurut rani karakter mary sue yang biasanya caper sama karakter yang di pair gitu aaaaahh nggak suka deh nggak sukaa~~ terasa sekali ke-pilihkasih-an sang author di karakter mary sue dan hal tersebut membuat rani merasaa, fic itu.. ukh. begitu dehh

karakter yang terlalu OOC
ah ini sih udah pasti kalo menurut rani. yaah kalo OOC masih dalam batas kewajaran sih oke deh. kan manusiawi kalo manusia juga terkadang nggak tercompose di saat dan situasi tertentu. tapi kalo yang karakternya itu ampe berubah jadi 180 derajat alias jauuuh banget. yang aslinya kalem asik dankawankawan menjadi whiny dan caper kan, eww. bahkan kadang kadang rani merasa itu cuma modal nama aja yang sama dengan karakternya --' puh. menyedihkan. lebih baik anda membuat original fic daripada fanfic tuan-tuan dan nona-nona author yang saya hormati. 

character bashing
yaah, biarpun rani juga nggak suka sama karakter itu, tapi marilah kita hormati diaa. seenggaknya kita menghormati fans nya dia laah. kan nggak enak kalo karakter yang rani suka di bash di fic yang sebenernya bagus dan rani sukai :( jangan mem-bash karakter yaa, walaupun itu tujuannya buat humor. nggak enak. 

pwp (plot? what plot?) / nggak jelas
rani paling nggak suka kalo fic itu ceritanya NGGAK ADA. huuff. beda dengan fluff/drabble yaa, rani nggak suka kalo fic itu inti ceritanya tak ada atau tak tersampaikan secara gamblang, atau untuk fic yang lemon/sexual escapades contain, itu cuma orientasi ke itu-ituuu aja nggak ada cerita yang jelas. rani nggak suka dan kesal. membaca cerita seperti itu cuma dapet capek >M< 

jayus
gaaah pliiis banget (terutama fanfic indonesia nih) jangan memaksakan diri untuk membuat cerita dengan humor yang berlebihan atau mengada ada. nggak enak bacanya yang langsung zzzz gitu loohh. joke yang maksa itu nggak enak banget dibaca deh.

Grammar/EYD
aduuh aduuh. rani juga nggak suka sekali kalau membaca cerita itu eyd nya berantakan, kata-katanya nggak bener, dan diksinya aneh. ayo doong namanya karakter, negara, badan, dankawankawan itu gunakan huruf kapitaal. istilah asing di-italic-in, gunakan bahasa yang baik dan benar kecuali itu adalah dialog antar karakter. pusing deh bacanya. rani lebih suka membaca fanfic yang katakatanya 'melayang' malah dibanding yang seharihari tapi ngaco. --' emang sih rani kalo nulis di blog juga nggak ada eyd-eyd nya tapi kan blog rani itu nggak ada requirement alias semaumau rani. tapi untuk 'cerita' biarpun itu labelnya 'fanfiction' itu tetep ada unsur-unsur yang harus tetap digunakan dong -____- apalagi kalo kata-katanya itu salah spell aaahh mending rani ngerti maksudnya mau nulis apa kalo nggak ngerti kan nyari di kamus juga susaah.

kebanyakan OC
ini lagi satu. no offense. rani tekankan sekali lagi. NO OFFENSE. 
apaapaan siihh kalo emang dibutuhkan demi cerita yang menarik dan berbobot nggak apa deeh. tapi kalo OC nya kebanyakan nggak enaak! nggak asiik! orang nggak ngerti tuh karakter kayak apa. dan biasanya kalo karakter banyak OC juga kebanyakan deskripsi karakter secara analitik jadi nggak seru. lebih nggak suka deh rani kalo bikin lowongan OC gitu (banyak banget yaa di fanfict indo. zzz) untuk apa siihh. supaya exist? supaya banyak review? percuma kalo caranya begitu kemampuan menulis author-author sekalian tidak akan terasah membuat cerita yang 'bagus'. review itu memang esensial. rani tau.  tapi kalo review itu nggak membangun, cuma asal review karena disitu ada OC (baca: yang ngereview) kan sama aja boong>:P dulu rani selalu mencari fic bagus dengan cara ini: liat review berapa, liat reviewnya apa, kalo menarik berarti bagus. atau lebih plus lagi kalau disitu ada review dari author yang rani suka. tapi kayak nya itu sulit diterapkan deh kalo ceritanya bertipe seperti ini. pfft.

terlalu banyak A/N
yaah, nggak apa sih kalo A/N nya di awal atau akhir cerita.. tapi kalo ditengah-tengah cerita yang asal nyrocos niat nya ngejoke gitu... JELEK. rani nggak suka. merusak cerita itu jadinyaaaa.. rani nggak bisa baca fanfic itu dengan tenang nyoo! jangan memasukkan monolog subjektif author dalam suatu cerita. karena itu nggak enaak dibaca >3<>

OC-centric
hmmm.. no offense ya para penyuka OC --lagi-- tapi rani nggak suka kalo OC itu memiliki andil besar dalam fanfic di suatu fandom. ampuun. mending dijadiin original fic aja deeh. soalnya kalo OC-centric itu seakan-akan yang rani baca itu bukan dunia fandom itu sendiri.. fuuh. hm.. tapi rani nggak begitu masalah kalo dia plot-centric. kalo macem harem gitu.. uukh. eww. udah ah. rani nggak suka.


mmnn apalagii yaaa seinget rani banyak deeh. ya gitu lah. ntar kalo keinget rani tambahin lagi.

rani memang bukan seorang penulis dan rani tau rani bukan penulis yang baik juga --' tapi kalo ditinjau sebagai pembaca rani berusaha looh untuk memberikan pandangan se-objektif yang rani bisaa! aah. kapan kapan rani mau bahas tentang review aaaahh XD

3 comments:

Scarface said...

halo rani.. biasa nulis fanfic dimana?^^

chop said...

halooo. sayang sekali rani tidak menulis fanfic. rani adalah seorang lurker transparan yang tidak tercium di dunia fanfic dan rambling di blognya sendiri. malu juga sih soalnya ini tindakan yang kurang bertangggung jawab dan konkrit =___= soalnya rani cuma komentar. nggak bikin.

Anonymous said...

Iya, Rani kan gak bikin, gak pernah review pula :)