Friday, September 11, 2009

rani sebagai konsumen

judul diatas ekonomi banget tapi ini rani pake bukan karena isinya ekonomi atau ips-related (alah ngarep) rani merasa kalo rani adalah orang yang jahat. sebenarnya tadi rani mau berbicara tentang rekomendasi, dan berkata bahwa kualitas fic atau apalah yang bisa rani rekomendaikan sedang sedikit dan blablabla. tapi itu karena rani adalah pembaca, seseorang yang mengkonsumsi, bukan produsen alias si author. rani tidak berpikir bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang bagus tidak akan bisa kalau semua pembaca seperti rani, tidak memberikan kritik konstruktif dan passive hanya nulis di blog. nggak penting.

rani tidak menulis, rani malas menulis, dan rani cuma mau membaca. penghargaan akan cerita biasanya cuma rani kasih ke cerita yang rani sukai. yang tidak rani sukai tidak pernah rani tulis apa-apa. pernah sih, flame, tapi bukan flame juga, kritik biasa. itupun cuma sekali, atau dua? yang jelas dari sekian ribu (setau rani udah segitu yang rani baca) yang rani kritik tuh sekitar nol koma sekian persen. dan penghargaan yang rani berikan kepada mereka yang membuat rani senang hanya review. dan review itu tidak sedikit yang hanya "aw." atau "it's good i like it" nothing constructive at all (ada sih, review panjang, tapi sedikit.) dan apa? itu tidak membangun. ingat rani bicara dan kritik macam-macam tentang berbagai cerita? rani tidak menulis, rani bukan pencerita, rani bukan orang yang bisa membuat orang senang dan terhibur ketika rani menyuarakan fantasi rani yang abstrak.

rani seorang yang mengkritik dan memberi saran, karena rani hanya membaca. maaf. rani egois. maaf rani jahat. rani akan berusaha untuk menjadi pembaca cerita yang baik dan memberikan feedback yang baik. maaf rani tidak memberikan penghargaan untuk mereka yang ceritanya tidak rani sukai karena subjektifitas rani, walaupun rani rasa rani akan berusaha untuk mencoba memberikan review, dan itu sulit, sangat sulit, tapi rani akan mencoba. mungkin, nanti rani menjadi lebih arif dan baik, walaupun yang rani pikirkan adalah hanya tanggapan rani kepada cerita. apakah kalian merasa begitu? kalian merasa kalian menjadi lebih dewasa karena hal kecil yang kalian sukai dan berpikir serius tentangnya? rani merasa begitu. nanti rani menjadi orang yang hebat karena rani berpikir apa yang baik untuk donat yang rani suka dan berpikir serius tentangnya juga.

No comments: