Monday, December 14, 2009

sabtu, minggu, dan hari ini

rani senang. kemarin dan kemarinnya beribu-ribu kata mau rani tuang buat menceritakan kegembiraan rani di weekend kemarin tapi sepertinya pada kadaluarsa jadi bingung mau tulis apa.

tapi rani hari ini juga seneng kok. capek sih. capek nganggur. tapi seneng juga.

sabtu rani seneng rapat berhasil. wortel yang rani gambar disepatu fail tapi rani seneng juga karena kalo dipikir pas rani sd rani dulu juga belum bisa melukis sepatu kayak gitu. pertumbuhan rani cepat memang. terus rapat kadernya menghasilkan. walaupun baru garis besar. garis kecil-kecilnya beloman. tapi nggak apa. rani ke hello;fest v.6. alhamdulillah. 2 tahun rani nyesel nggak ikutan mulu terbayar. rani nggak nyampe abis, kostumasa belum selesai aja udah pulang, tapi rani seneng. kostumasanya heboh deh. seru banget. aah. sayang rani nggak liat film-filmnya. yaudah. mungkin kalo rani ada uang rani beli aja di hello motion. v.1-v.6. dulu nyesel juga rani nggak beli yang v.1-v.3. tapi nggak apa deh.

rani ketemu anak perempuan yang ganteng yang pas di GJUI cosplay jadi Rusia. keren baaanget. dia pake topi yang keren. uuuuiiih pokoknya kereeen... pengen baaanget minta foto lagi tapi rani lagi nggak hoki karena itu di toilet dan rani nggak mungkin minta foto disitu dan rani harus segera pulang. aah. tapi seru. seneng deh liat wajahnya lagi yang ganteng itu aja rani seneng hahahaa.

pas pulang rani seneng juga soalnya rani nggak tau dapet wangsit apa mau ke sportsmall kelapa gading terus ternyata disitu komiknya lagi diskon parah dan komik langka lama dijual disitu terus RANI SENENG BANGET. asyiiikkk! terus rani sama adek rani nonton planet 51. tidak buruk. tapi rani pas makan dan pesen makanan di food court yang melayani rani ramah sekali orangnya. seneng deeh.

rani tidur. bangun abis solat rani tidur lagi. sampai jam sebelas dan rani ingat mimpi rani teman rani menyelamatkan dunia. bersama bobi. atau bibo? lupa rani namanya siapa. pokoknya bobi atau bibo itu berwarna hijau ke limau-an dan bulat. rani baca komik yang rani beli sampai sore.. tidur siang, sorenya rani ke pizza hut sama mama papa sama adek rani. asyik juga. nggak pesen es krim tapi tetep asyik kok. pulang lagi.

abis solat mama papa dan adek rani mau pergi ke carefour sekalian nganter papa rani mau pergi lagi ke makasar. rani di rumah. rani seharusnya baik terus belajar sosiologi. tapi ternyata rani mau ikutan jadi papa rani harus nyetir pulang kerumah dulu jemput rani. di carefour rani sama adek rani cuma numpang duduk di bagian cemilan. kami mungkin terlihat melawak karena ada ibu-ibu, atau tante-tante, atau mungkin kakak-kakak? yang ada di seberang kami, tertawa. yah saksi matanya adek rani rani nggak liat. eh tapi pas dipanggil papa rani, kan papa rani ngelewatin kakak-kakak itu ya, terus mereka bilang gini "anak-anaknya lucu ya pak." gituu! (geer banget nggak) terus pulang deh.

yah. bosen nggak emang bosen jangan mau diceritain rani makanya.



oh ya.

hari ini rani nanya ke banyak orang manusia kalo terdesak boleh makan satu sama lain nggak. terus ada yang bilang NGGAK, ada yang bilang silahkan-aja-sih-tapi-gue-jijik, ada yang bilang boleh. papa rani pernah bilang. katanya boleh.

ada juga yang bilang "kalo aku makan pun supaya aku tetep hidup percuma soalnya sisa hidup aku bakal dihantui rasa bersalah karena makan temen aku itu" gitu kurang lebih.

benarkah?

bukankah itu karena saat kita diajukan pertanyaan itu kita dalam keadaan kenyang dan berpikir?

dalam keadaan tenang dan terkendali?

ketika insting untuk hidup sudah mendarah daging dan membutakan nurani, apakah masih berpendapat seperti itu juga?

mmm.

rani sih, nggak tau ya. rani manusia sih.

manusia kan pintar berdalih. asalkan subyeknya manusia, semuanya gampang diputar balikkan. yang baik bisa diburuk-burukkan yang buruk bisa di baik-baikkan. yang penting manusianya senang, sumber daya silahkan dieksploitasi. yang penting manusianya kenyang, bumi diporakporandakan juga nggak ada yang membela. kalau pernah berpikir bahwa makhluk hidup lain punya hak yang sama dengan manusia, jangan berpikir begitu. karena itu kurang tepat. di dunia ini, di peradaban kita ini, manusia itu diatas segalanya karena merasa dia yang sempurna. pokoknya manfaat dan kebaikan itu cuma dilihat dari segi manusianya deh. keburukan dan dampak negatif apakek itu nggak akan dipedulikan kalo nggak merugikan manusia. salah nggak? bisa juga. orang rani yang nulis aja ngerasa itu tega. tapi mereka antagonis? tokoh jahat? belum tentu!

kamu melihat pembela binatang dan pembela tumbuhan? pembela lingkungan? mereka orang yang baik, mungkin. berusaha untuk tidak berorientasi pada manusia dan memperdulikan yang lain. tapi apa bisa? merekakan manusia juga. mereka memang mikir, mereka memang empati. tapi mereka manusia juga. mereka juga nggak tau sejatinya bumi itu maunya apa, harusnya gimana. mereka berpikir, dan mencari cara-cara yang paling sederhana untuk mempertahankan apa yang mungkin dibutuhkan dan bisa membuat bumi lebih baik. tapi yang kayak gitu ada berapa sih di dunia ini? jangan-jangan merekalah antagonisnya. jangan-jangan merekalah yang merusak makna bumi dan seisinya yang diserahkan ke manusia dan menjudge dengan egois bahwa yang manusia lakukan itu salah dan tidak baik.


jahat nggak rani nulis kayak gitu.

nggak, rani nggak ngarang, itu interpretasi versi jahat yang rani dapat dari jawaban-jawaban temen rani pas rani tanya "kenapa bunuh makhluk hidup lain sah-sah aja dan manusia nggak" oh. ini nih, yang sebelumnya rani takutkan dari yang namanya konsep kemanusiaan. buah pikiran manusia yang ada dari dulu, tapi berubah-ubah seiring dengan waktu, dengan zaman. dengan peradaban. mungkin rani capek, dan bingung, dan berpikir keras, dan rani gagal mencapai resolusi yang sejati. terus rani tersesat karena memikirkan yang mungkin seharusnya tidak perlu rani pikirkan, mungkin tidak berpengaruh sama rani dalam aspek apapun. dan mungkin-mungkin lain. sampai ke titik dimana setan jahat memperdaya rani, membuat rani melihat dengan sudut pandang yang tidak tepat, dan POW! rani anak yang tidak baik.









itu kalo nggak ada pedoman.

untung Tuhan udah ngasih.
____

ini menyenangkan sih. tapi rani lebih senang berpikir hal yang lebih ringan dan mudah seperti kenapa rani suka salah satu ship bl karena rani nggak perlu berpikir lama-lama dan lelah. atau kenapa rani suka foto bersama kostumasa yang lucu. dan karena itu rani menghadiahkan foto ini:
Image and video hosting by TinyPic

No comments: